Oleh: genius2 | Mei 27, 2008

Alat Pengukur Ionosfer

Pemanfaatan GPS untuk penelitian ionosfer hingga saat ini berkembang pesat. Hal ini disebabkan pengamatan secara simultan jaringan GPS dapat digunakan untuk mengetahui kedinamisan ionosfer dan tingkat gangguannya. Namun sinyal GPS yang merupakan gelombang elektromagnetik tersebut akan mengalami sejumlah error dalam propagasinya dari satelit ke antena di bumi, yaitu satellite clock bias, receiver clock bias, ionospheric and tropospheric refraction of the GPS signal, inexact satellite ephemeris data, multipath, Selective availability (SA), satellite geometry, dan antenna centering and height.

Geometri satelit adalah salah satu faktor yang menentukan akurasi dari sinyal GPS. Dalam perhitungan error budget, diasumsikan geometri dari satelit adalah ideal. Namun kenyataannya tidak selalu demikian. Geometri satelit dapat diprediksi, sehingga pengaruhnya terhadap akurasi posisi dapat dihitung dengan perumusan yang ada.

Hubungan umum antara error-error dalam pengukuran pseudorange oleh user terhadap akurasi posisi user dapat dijelaskan dalam DOP (Dilution of Presition). DOP sering digunakan untuk mengukur akurasi posisi user. Ada beberapa macam DOP yang merupakan fungsi dari satelit geometri yaitu GDOP (Geometric DOP), PDOP (Position DOP), HDOP (Horizontal DOP), VDOP (Vertical DOP), dan TDOP (Time DOP). Posisi satelit sangat menentukan besar kecilnya nilai DOP. Untuk memahami komputasi error-error tersebut dan error budget GPS sangat perlu untuk mengetahui perumusan secara matematis dari error-error tersebut.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: