Oleh: genius2 | Mei 27, 2008

Bias Ionosfer

Aplikasi GPS untuk navigasi darat, air dan udara ataupun kepentingan komunikasi, geodesi dan survey memerlukan tingkat akurasi yang tidak sama. Sebagian tidak memerlukan akurasi yang tinggi namun di bidang tertentu sangat memerlukan akurasi (posisi, waktu dan kecepatan) yang sangat presisi. Sehingga pemahaman tentang error-error yang mempengaruhi akurasi sinyal GPS sangat penting untuk diketahui.

Setelah geometri satelit, error yang mempengaruhi sinyal GPS adalah bias ionosfer yang lebih dikenal dengan delay ionosfer. Delay ionosfer atau bias ionosfer ini akan dibahas secara fisis dan secara matematis. Perhitungan-perhitungan ini akan sangat baik dilakukan dengan komputasi melalui program MatLab.

Salah satu parameter yang paling penting dalam menunjukkan besar kecilnya akurasi GPS adalah UERE (User Equivalent Range Error). Parameter ini akan lebih memberikan akurasi presisi tinggi yang signifikan kepada pengguna bila disertai dengan informasi geometri visible satelit (pembahasan geometri satelit telah dilaporkan pada laporan bulan Januari 2007).

Sinyal GPS, yang merupakan sinyal elektromagnetik, pada saat berpropagasi melalui medium ionosfer (medium dispersif) akan dibiaskan atau direfraksikan. Delay Ionosfer ini disebabkan oleh lingkungan muatan listrik tinggi yang menyebabkan adanya medan listrik di ionosfer. Error ini menyebabkan kesalahan dalam pengukuran jarak antara satelit dan reciver.

Sinyal GPS melewati ionosfer

Ionosfer delay ini menyebabkan carrier phase dan code ranges berbeda-beda untuk setiap sinyal yang berbeda frekuensi serta efek pada kecepatan phase dan kecepatan group. Pengaruh ionosfer ini akan kurang berarti pada sinyal dengan frekuensi yang tinggi dibandingkan dengan frekuensi rendah.



Contoh pada GPS :

  • Error Orbit (ephemeris) : 2,1 m
  • Error Jam Satelit : 2,1 m
  • Error Ionosfer : 4,0 m
  • Error Troposfer : 0,7 m

Semua error tersebut dinamakan dengan URE (User Range Error), dan

  • Error Multipath : 1,4 m
  • Error Receiver : 0,7 m

Dinamakan UEE (User Equipment Error)

Pada umumnya, ada dua (2) komponen utama yang menentukan akurasi dari penentuan posisi sistem GPS, yaitu :

  • Geometric Dilution of Precision (GDOP)
  • User Equivalent Range Error (UERE)

Responses

  1. suka sama headernya..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: